Percakapan Bahasa Bali

Gambar

1. Percakapan dengan pedagang

Pembeli : Kude niki bu/pak ?(berapa ini bu/pak?)
Pedagang : telung tali ( tiga ribu)
Pembeli : Dados kuang bu ( bisa kurang bu?)
Pedagang : dados kuang bedik (bisa kurang sedikit)
Pembeli : Siu bu nggih (Seribu ya bu)
Pedagang : Nggih dados ampun. Kuda kal meli nike ( Ya boleh deh, berapa mau beli)
Pembeli : Siki manten bu ( satu aja bu). Niki Pes-ne bu( ini uangnya bu) #sambil ngeluarin uang 50 ribuan
Pedagang : ten wenten jinah alit? (ngga ada uang kecil? saya baru aja buka)
Pembeli : Ten wenten nike (ngga ada tuh)
Pedagang : Niki susuk-ne bu nggih!

2. Ketemu seseorang

si A : He Bli…mekelo sing taen tepuk, engken kabare? (He kakak, lama ngga ketemu. Gimana kabarnya?)
si B : Becik-becik gen (baik-baik saja). Dije jani ngoyong? (Dimana sekarang tinggal?)
si A : di Badung. Melali na’e ke jumah! Bli kal kije? ( di Badung/Denpasar. Main-main dong ke rumah. Kakak mau ke mana?
si B : Kal jemput mbok di pasar. Besok-besok nah! Jani kapah maan pesu. Sibuk gen. Liyu gegaen. (mau jemput kakak di pasar. Besok-besok aja ya! Sekarang sulit dapat keluar. Banyak kerjaan)
si A : Dije jani megae? (Dimana sekarang bekerja?)
si B : Nu Mekuli di hotel (Masih jadi kuli di hotel)
si A : Nah sing engken. Sukses gen Bli (Yah enggak apa-apa, sukses aja kak)

3. Berkenalan (Gombalan tepatnya..)

Cowo : Mimih… jegeg sajan. Dadi kenalan gek? (Duh cantik banget, boleh kenalan cantik?)
Cewe : Ngujang ngajakin kenalan? kal ngude?(Ngapain ngajak-ngajak kenalan segala. Mau apa?)
Cowo : Ede nak-e galak jak Bli. Bli cuma dot nawang gen, adi ade nak jegeg care Ratu kene (Jangan galak sama kakak dong. Kakak cuma pengin tau aja. Kok ada cewe cantik kaya Ratu begini sih?)
Cewe : Bli bise dogen. Tiang nak biase biase gen (kakak bisa aja. Saya biasa biasa aja kok)
Cowo : Sire pesengane Gek? (Siapa namanya cantik?)
Cewe : I Luh Permata
Cowo : Bagus sajan adane patuh care sing ngelah adan. Care permata (Bagus sekali namanya sama kaya yang punya nama. Kaya Permata)
Cewe : Bli de nak liyunan megombal keto. Lek atin iange. Sire pesengan Bli?(Kakak jangan kebanyakan gombal gitu ah. Saya jadi malu. Siapa nama Kakak?)
Cowo : Made Suardana. Panggil gen tiang Bli Kadek. Saking Napi geg? (Made Suardana. Panggil aja saya Bli Kadek. Darimana asalnya cantik?)
Cewe : Saking Tabanan, tapi mangkin ngoyong di Buleleng. (Dari Tabanan, tapi sekarang tinggal di Buleleng)
Cowo : Dadi nunas no hapene? (Boleh gak minta no hapenya)
Cewe : Dadi, 089888788789977987788 (Boleh. 089888788789977987788)
Cowo : Nah kapan-kapan iang bel nah! (Oke. kapan-kapan saya telpon deh)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: